ANGKET KEMANDIRIAN BELAJAR

ANGKET KEMANDIRIAN BELAJAR


ANGKET KEMANDIRIAN BELAJAR

Petunjuk pengisian angket :
1.      Bacalah setiap pernyataan dengan baik dan teliti.
2.      Jawablah setiap pernyataan dengan sejujur-jujurnya sesuai dengan pendapat anda sendiri.
3.      Tidak diperkenankan mencontek atau menggandakan balasan dari teman.
4.      Berilah tanda ( √ ) pada salah satu pilihan yang menurut anda sesuai dengan diri anda.

Keterangan :
SL = selalu                                          P   = pernah
SR = sering                                         TP = tidak pernah
KD = kadang-kadang


No.
Pernyataan
SL
SR
KD
P
TP
1.
Sebelum berguru aku menyiapkan buku-buku, alat tulis menulis atau peralatan berguru lain yang aku butuhkan.





2.
Saya membaca bahan pelajaran terlebih dahulu sebelum diajarkan oleh guru.





3.
Setiap ada permasalahan dalam memahami materi, aku bertanya kepada orang lain atau guru.





4.
Jika bahan pelajaran belum aku pahami aku berusaha mencari buku-buku perpustakaan untuk membantu memahami.





5.
Saya membuat rangkuman setelah membaca buku fisika.





6.
Sesudah ulangan fisika aku mencoba mengulangi kembali untuk menjawab tes dirumah.





7.
Saya meminjam alat tulis atau peralatan berguru lainnya kepada teman.





8.
Sesudah ulangan atau tes aku membiarkan begitu saja soal-soal ulangan tersebut dan aku tidak peduli apakah aku sudah bias menjawab atau tidak.





9.
Ketika guru memberi kesempatan untuk bertanya, maka kesempatan itu aku biarkan saja meskipun ada bahan pelajaran yang belum aku pahami





10.
Saya pergi ke perpustakaan hanya bila diminta oleh guru.





11.
Saya tidak membuat rencana kerja dalam belajar.





12.
Setiap ada ulangan yang sulit, aku mencontek dari buku atau melirik pekerjaan teman.





13.
Apabila guru sedang menunjukan aku mengobrol dengan sahabat sebangku.





14.
Saya berguru secara teratur tidak hanya dikala akan ulangan saja.





15.
Setiap ada pekerjaan rumah (PR) atau peran dari bapak/ibu guru pribadi aku kerjakan pada hari itu juga.





16.
Saya merasa bahwa semua pelajaran itu penting.





17.
Saya merencanakan dan mengambil keputusan sendiri dalam urusan belajar.





18.
Ketika sahabat mengajak jalan-jalan, aku tetap memilih untuk tetap belajar.





19.
Saya berguru dikala akan menghadapi ujian atau dikala ada pekerjaan rumah (PR) saja.





20.
Jika sekolah tidak menunjukkan akomodasi yang memadai, aku merasa malas dalam belajar.





21.
Apabila ada soal atau peran yang sulit aku berusaha untuk memecahkan sendiri tanpa meminta pinjaman orang lain.





22.
Saya mengerjakan peran individu secara mandiri.





23.
Saya percaya pada kemampuan aku sendiri bahwa aku akn berhasil dalam belajar.





24.
Saya mengerjakan pekerjaan rumah (PR) atau peran dibantu orang lain.





25.
Saya mengeluh dikala guru menunjukkan soal yang materinya belum diajarkan.





26.
Saya tidak bisa berguru tanpa guru privat saya.





27.
Apabila ada pekerjaan rumah (PR) aku mengumpulkan peran tersebut sewaktu-waktu atau kapanpun yang penting mengumpulkan.





28.
Saya menyadari ika aku memiliki kelemahan dalam penguasaan bahan tertentu yang menurut aku sulit.





29.
Ketika disekolah diadakan les komplemen jam pelajaran oleh Bapak/Ibu guru aku tidak mengikutinya.





30.
Ketika jam pelajaran kosong aku menggunakan waktu tersebut untuk bersenda gurau dan bermain dengan teman-teman.





Postingan terkait: